Senin, 16 Mei 2016 - 08:28:05 WIB
PESTA SANTA LOUISA DI KEDIRI
Diposting oleh : Kaji Zoe
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 1262 kali

Hari Raya Santa Louisa de Marillac, yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 15 Maret 2016, mulai tahun 2016 ini diperingati pada tanggal 9 Mei, yang merupakan tanggal Louisa de Marillac dibeatifikasi. Dalam rangka memperingati HR St. Louisa tahun ini, Yayasan St. Louisa Perwakilan Kediri yang terdiri dari TK, SD, SMP Katolik Santa Maria memeriahkannya bersama seluruh murid, guru dan karyawan. Pada tanggal 3 Mei

2016, kami mengadakan kegiatan “Bersih Kediri”. Pada pukul 06.15 WIB, acara diawali dengan doa bersama dan menyanyikan lagu Mars St. Louisa di halaman SDK St. Maria Kediri. Lagu digemakan dengan lantang menambah meriahnya pembukaan kegiatan bersih lingkungan Kediri. Setelah sambutan dan penglepasan oleh Sr. Theresita, PK selaku Kepala Perwakilan Kediri, anak-anak berangkat dengan berjalan kaki menyusuri jalan-jalan kota Kediri dengan penuh kegembiraan. Kurang lebih 1.500 anak terjun langsung membersihkan Kota Kediri. Para murid dibagi dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka membawa bekas karung beras yang bertuliskan sampah basah dan sampah kering. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai promosi sekolah sekaligus membiasakan anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan.

Keesokan harinya, pada tanggal 4 Mei 2016, kegiatan dilanjutkan dengan jalan santai. Kegiatan ini juga mengikutsertakan hampir seluruh murid. Dari TK Katolik Santa Maria hanya mengikutserta- kan anak Kelompok B, karena mereka harus berjalan sedikit jauh. Dari SDK Santa Maria anak-anak kelas 1 hingga kelas 6 semua turut berpartisipasi, sedangkan dari SMPK Santa Maria hanya mengikutsertakan anak kelas 7 hingga 8, karena kelas 9 harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional.

Pada pukul 06.30 WIB, 1.400 anak termasuk guru dan karyawan berjalan santai dengan tertib dan tenang. Kelompok Marching Band Tangkai Mulia SMPK St. Maria Kediri dan Kelompok Drum Band SDK St. Maria Kediri membuka jalan kegiatan ini diikuti seluruh murid yang berpartisipasi. Suara alat drum band yang ditabuh memecah keheningan pagi kota Kediri.

Kegiatan sederhana, tetapi kami hendak mengenalkan kepada masyarakat bahwa TK Katolik Santa Maria, SD Katolik Santa Maria dan SMP Katolik Santa Maria Kediri, tumbuh dari Pendiri dan Pelindung yang sama, memiliki kepedulian yang sama untuk perkembangan pendidikan di Indonesia, yang peduli pada pertumbuhan pribadi anak

bangsa yang berkarakterKehadiran mereka menampakkan wajah Gereja Katolik.  Setiap orang yang lewat di mana kami menapakkan kaki, tidak segan memberikan perhatian untuk melihat barisan panjang dan rapi yang berlalu di hadapan mereka.

Ada yang berucap, “Oooo…Katolik….”, “Oooo… Santa Maria…”.Sebagai puncak acara, peringatan Hari Raya Santa Louisa de Marillac ini ditutup dengan Misa Syukur pada tanggal 14 Mei 2016. Perayaan Ekaristi dipersembahkan oleh Rm. Naring, CM.  Sebelum perayaan misa syukur, ada satu konferensi singkat untuk para guru dan karyawan Yayasan St. Louisa Perwakilan Kediri. Konferensi dibawakan oleh Sr. Anna, PK.

Sr. Anna berbicara tentang pendidikan yang kreatif. Dalam konferensinya Sr. Anna mengatakan bahwa sebuah perayaan selalu meliputi 3 unsur yaitu merayakan, merefleksi, mewujudkan. Tanpa ketiga  unsur ini suatu peringatan tidak bisa dikatakan peringatan. Lebih jauh Sr. Anna mensharingkan pengalamannya yang berkaitan dengan pendidikan saat bermisi. Menurut Sr. Anna, sekolah yang kreatif adalah sekolah yang “agility dan compatible”. Berani melakukan sesuatu yang baru, berbeda,

bernilai. Untuk mencapai ini, beliau menawarkan nilai BATIK, yaitu berani, aksi, total, integritas dan komitmen. Sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan St. Louisa diharapkan memiliki keberanian untuk melakukan aksi, total dalam pemberian diri, memiliki integritas dan komitmen.

 

Sr. Karina, PK –

Tim Gema Komunitas




    0 Komentar :


    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)